Menteri PMK Resmi Berkantor di IKN

Menteri PMK Resmi Berkantor di IKN

NUSANTARA,IKNTODAY.COM – Menteri Koordinator Pembangunan Mahasiswa dan Kebudayaan (PKM), Muhadjir Effendi resmi berkantor di Ibukota Nusantara (IKN).

Perpindahan Muhadjir Effendi ke IKN lantaran dirinya ingin focus melihat permasalahn disekitar IKN dua bulan menjelang berakhirnya masa jabatan Menteri PMK.

Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mulai melakukan uji coba bekerja dari IKN dengan menggelar rapat koordinasi bersama dengan Badan Otorita IKN di gedung Kemenko 1 IKN.

Dalam rapat itu, Muhadjir membahas terkait sejumlah persoalan di sekitar kawasan IKN, seperti sektor pendidikan, kesehatan dan budaya sosial.

Kedepannya akan ada sejumlah pertemuan penting yang membahas berbagai persoalan di sekitar IKN secara lebih detail dan teknis.

Selain itu, dengan berkantor di IKN, maka ia pun bisa ikut meramaikan IKN agar suasananya tidak sepi.

“Iya, jadi saya ingin mengakhiri masa jabatan saya ini memberikan semaksimal mungkin perhatian kepada IKN sesuai arahan dari Bapak Presiden. Mungkin setelah ini akan kita ikuti dengan beberapa pertemuan-pertemuan yang detail, yang lebih teknis, dan sekaligus ikut meramaikanlah suasana IKN biar tidak terus sepi seperti ini,” ujar Muhadjir.

Menurutnya, IKN telah digunakan sebagai tempat upacara peringatan hari kemerdekaan ke-79 RI  pada 17 Agustus 2024 lalu, dan sudah seharusnya saat ini suasana IKN harus diramaikan layaknya sebuah ibu kota Negara.

“Kita sudah upacara 17 Agustus di IKN, ini berarti kita sekarang harus sudah meramaikan suasana IKN agar segera menjadi lingkungan yang betul-betul semarak, sebagai Ibu Kota Nusantara,” imbuhnya.

Selain Muhadjir Effendi, menteri lain yang saat ini juga dikabarkan telah mulai berkantor di IKN, adalah Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Badan Otorita IKN, Basuki Hadimulyono. 

Rencananya, sejumlah menteri lainnya juga akan segera menyusul untuk berkantor di IKN, mengingat pesatnya pembangunan infrastruktur dasar di IKN yang sebagian telah hampir rampung dan langsung siap untuk digunakan.(*)

 

Penulis: Lucia
Editor: Lucia